Lafal Akad Nikah Berbahasa Arab Beserta Contoh Video dan Mp3

Pengucapan lafal ijab qabul atau akad nikah berbahasa arab memang sudah banyak digunakan di indonesia. Tak sedikit pula dari kalangan artis yang memakai bahasa arab dalam akad nikahnya. Itu menunjukan bahwa penggunaan akad nikah dalam bahasa arab bukanlah suatu hal yang asing di negeri ini.

Pernikahan adalah suatu moment yang sakral dan tak bisa dilupakan seumur hidup. Sedangkan akad nikah adalah salah satu momet terpenting dalam acara pernikahan. Apalah arti pernikahan tanpa akad nikah. Justru tanpa akad nikah, upacara pernikahan dianggap tidak sah.

Ketika anda ingin menggunakan bahasa arab dalam akad nikah anda, maka sudah menjadi sebuah kewajiban untuk mempelajari bagaimana teks dan arti akad nikah berbahasa arab.

Realitanya, tidak sedikit dari calon pengantin pria yang grogi ketika mengucapkan akad nikah. Alhasil lafal bacaan akad nikah bisa lupa dan terpaksa harus diulang-ulang dan diingatkan kembali oleh wali.

Memalukan bukan, apalagi ini bukan acara sembarangan loh.

Maka disini akan saya jelaskan satu-persatu lafal akad nikah bahasa arab yang singkat, mudah dipahami dan mudah dihafal. Dan saya akan beri contoh juga berupa video dan mp3 untuk memudahkan anda agar nantinya bisa lancar ketika prosesi acara.

Lafal Akad Nikah Bahasa Arab Beserta Terjemahannya

akad nikah bahasa arab
http://mutakhorij-assunniyyah.blogspot.com

Dalam prosesi acara akad nikah, biasanya akan dimulai dari orangtua atau wali dari si perempuan menjabat tangan mempelai pria dengan penuh keseriusan. Kemudian wali tersebut memberikan pernyataan yang intinya melepasakan putrinya untuk dinikahi oleh pria tersebut.

Dalam bahasa indonesia pengucapanya seperti ini ” Wahai saudara ……. Saya nikahkan dan kawinkan engkau dengan …..bla bla bla ……..” kira-kira seperti itu ya pengucapanya.

Nah kalau dalam bahasa arab, yang diucapkan wali kira-kira seperti ini.

akad nikah bahasa arab
akad nikah yang diucapkan wali

Setelah selesai dinyatakan oleh wali nikah, maka mempelai pria harus menjawabnya dengan segera dengan jawaban seperti ini.

akad nikah bahasa arab
Akad nikah yang diucapkan mempelai

Menghafal lafal akad nikah ini merupakan sebuah kewajiban bagi anda jika ingin mengucapkanya dengan lancar ketika prosesi berlangsung. Jangan lupa pelajari artinya agar lebih mudah menghafal dan tentu memahami apa yang sudah diikrarkan. Karena akad nikah bukanlah suatu hal yang bisa dianggap sepele.

Sebelum mengucapkan akad nikah, usahakan tenangkan pikiran dan hati. Terutama yang jarang tampil di depan publik. Ketenangan menjadi salah satu kunci keberhasilan anda dalam mengucapkan lafal akad nikah.

Contoh Pembacaan Akad Nikah Bahasa Arab

Berikut ini akan saya tampilkan beberapa contoh akad nikah yang memakai bahasa arab. Tujuannya agar anda bisa mempelajari teksnya, karena tidak sedikit bangsa indonesia ini yang fasih mengucapkan bahasa arab.

Contoh Video Akad Nikah Berbahasa Arab

Akad Nikah Berbahasa Arab Ferdy Nuril
Akad Nikah Berbahasa Arab Sonny Septian
Contoh Lain Akad Nikah Bahasa Arab

Itulah tadi beberapa contoh pembacaan akad nikah yang berbahasa arab. Silahkan putar ulang video diatas sampai anda benar-benar hafal dan lancar dalam pengucapannya agar ketika prosesi akad nikah dapat berjalan sesuai

Contoh Akad Nikah Bahasa Arab Mp3 + Download

Saya juga akan melampirkan lafal akad nikah berbentuk mp3 yang bisa anda download, sehingga anda bisa mendengarkanya dimanapun dan kapanpun. Semakin banyak anda mendengar semakin fasih dan lancar juga anda dalam melafakanya

Contoh Akad Nikah Bahasa Arab Mp3
Contoh Akad Nikah Bahasa Arab Mp3

Bagi anda yang ingin mendownload contoh akad nikah bahasa arab mp3 diatas silahkan klik disini dan disini.

Kesimpulan

Menggunakan bahasa arab dalam akad nikah memang bukanlah suatu hal yang wajib. Mau menggunakan bahasa daerrah ataupun bahasa indonesia pun sah-sah saja. Karena dalam hukum islam juga tidak disebutkan bahwa akad nikah harus menggunakan bahasa tertentu.

Namun menggunakan bahasa arab juga ada sisi positifnya. Selain dapat menambah wawasan baru tentang bahasa arab, Kita sebagai seorang muslim juga harus mencintai bahasa arab itu sendiri.

Hal tersebut ditegaskan oleh oleh firman Allah Ta’ala di dalam surat Asy-syuara ayat 192-195.

Asy-syuara : 192-195

Syaikh Abdurrahman As-sa’di menjelaskan ayat diatas sebagaimana berikut :

“Bahasa arab adalah bahasa yang paling mulia. Bahasa arab adalah bahasa para rasul yang diutus kepada mereka dan menyampaikan dakwahnya. Bahasa yang sangat jels dan gamblang. Renungkanlah bagaimana berkumpulnya keutamaan-keutamaan yang baik ini. Al-quran adalah kitab yang mulia, diturunkan oleh malaikat ayng paling utama, diturunkan kepada manusia yang paling mulia, dimasukkan kedalam bagian tubuh manusia yang paling utama, yaitu hati, disampaikan kepada umat yang paling mulia, dan dengan bahasa yang paling utama dan paling fasih yaitu bahasa arab.”

Begitulah mulianya bahasa arab di pandangan Allah. Jadi jangan malas untuk belajar bahasa arab dan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Setidaknya gunakan kalimat kalimat ringan berbahasa arab yang sudah masyhur digunakan di indonesia ini.

Itu dulu dari saya, semoga urusan anda dipermudah dalam menggunakan akad nikah berbahasa arab ini, sekian dari saya.

Wassalaam….

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *