Pentingnya Branding dalam Sebuah Bisnis

Ada ratusan atau bahkan ribuan produk yang sejenis didunia ini. Meski dibuat dengan bahan baku yang sama atau bahkan diproduksi ditempat yang sama, setiap produk memiliki ciri khas masing2.

Dari situlah kemudian kita mengenal brand. Brand adalah sebuah identitas untuk membedakan antara satu produk dengan produk yang lain. Dengan brand itulah konsumen dapat memilih produk mana yang akan mereka pilih.

Sebuah brand yang kuat akan lebih dikenal oleh konsumen, sehingga banyaknya pesaing tidak akan mempengaruhi hasil penjualan.

Pengertian Branding

Brand merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakanya dari barang atau jasa pesaing. (Kotler (2009).

Bagi sebuah perusahaan, Branding bukan hanya sekedar nama atau identitas semata. Tetapi juga merupakan image perusahaan secara keseluruhan sehingga dikenal oleh masyarakat.

Fungsi & Tujuan

Secara umum fungsi brand adalah sebagai pembeda antara satu produk dengn produk yang lain. Namun jika brand yang dibangun sudah kuat, brand bisa digunakan sebagai bahan promosi dan daya tarik konsumen.

Tujuan dibentuknya brand adalah untuk membangun image, citra, dan keyakinan dari masyrakat serta jaminan kualitas dan prestise dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Sehingga ketika brand sudah terbentuk, konsumen akan mudah mengingat dan bisa menjadi media iklan gratis untuk mempromosikan produk atau jasa yang diingatnya.

Jenis Branding

Product Branding

Ini adalah jenis branding yang paling sering digunakan. Tujuannya tentu untuk membedakan antara satu produk denagn produk lain

Dikatakan berhasil jika brand sudah mampu medorong konsumen untuk memilih produk miliknya dibanding milik kompetitor.

Personal Branding

Merupakan proses dari seseorang untuk membetuk dan menciptakan pribadinya. Salah satunya dengan meningkatkan citra dirinya dengan keunggulan dan keistimewaan yang tidak dimilika banyak orang.

Sehingga pada akhirnya akan banyak orang yang megakui dan menghargainya dikarenakan keistiewaan dan keunggulan yang dimilikinya.

Corporate Branding

Corporate branding bertujuan membangun sebuah reputasi perusahaan dipasar. Branding yang dilakukan meliputi semua aspek perusahaan, dari mulai produk/jasa yag ditawarkan sampia kontribusi karyawan mereka di masyarakat.

Geographic Branding

Bertujuan mengenalkan produk atau jasa ketika suatu nama daerah disebutkan. Intinya mengenalkan ciri khas produk/jasa dari daerah tersebut.

Cultural Branding

Cultural Branding bertujuan untuk mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan orang-orang yang berasal dari lokasi tertentu atau atau kebangsaan tertentu.

Branding = Design

Apakah brand sama dengan desain?

Brand berbeda dengan desain, Tapi desain adalah kendaraan untuk memudahkan konsumen menangkap apa maksud dari produk atau jasa yang dijual.

Kamu boleh saja menggunakan AI, Corel draw dll, tapi brandig bukanlah hanya tentang kamu bisa buat konten dan gambar yang gambar yang bagus.

Bingung buat desain untuk perusahaan, ukm, olshop atau desain2 yang lain? Butuh penyedia jasa logo unik buat bangun brand?

Kunjungi logobranding.id. Penyedia jasa desain apapaun sesuai kebutuhan kamu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *