Cara Backup dan Restore Chat pada Whatsapp

Cara Backup Chat whatsapp-Seperti yang kita ketahui, penggunaan whatsapp sudah menjadi ketergantungan bagi sebagian orang. Hampir semua orang pasti membuka aplikasi tersebut setiap harinya. Dan mungkin termasuk kamu yang sedang membaca tulisan ini.

Saat ini whatsapp juga tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga maupun teman. Sebagian orang menggunakan Whatsapp untuk mempermudah sebuah pekerjaan. Contoh sebagai seorang pedagang online. Whatsapp bisa memudahkan komunikasi anatara penjual dan pembeli, baik itu tawar-menawar, bukti pembayaran, bukti pengiriman barang dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang juga menggunakan whatsapp untuk berjualan, tentu akan sangat merepotkan jika pesan di whatsapp hilang. Karena mungkin disitu ada bukti pembayaran, bukti transaksi dan berbagai hal lainya yang berkaitan dengan pekerjaan kamu.

Whatsapp menyediakan fitur pencadangan pesan untuk menyimpan semua riwayat chat kamu. Penyimpanan yang digunakan untuk backup chat ini bisa melalui penyimpanan internal maupun google drive.

Dengan adanya fitur ini, kamu dapat menyimpan semua riwayat chat yang ada di whatysapp dengan aman dan rapi. Dan kamu juga tidak perlu khawatir ketika chat-chat penting kamu hilang, atau smartphone kamu rusak, hilang, ataupun ingin ganti dengan smartphone yang baru.

Dengan cara yang tergolong singkat, kamu dapat mengembalikan semua riwayat pesan dengan mudah

Cara mencadangkan dan mengembalikan pesan Whatsapp memang sangat mudah, Namun bagi kamu yang mungkin belum pernah atau belum tahu caranya, mungkin tulisan ini akan sedikit membantu atau setidaknya memberikan gambaran langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh.

Cara Backup chat whatsapp

Sebelum kamu ingin mengembalikan riwayat chat kamu, tentu hal yang paling pertama yang harus dilakukan adalah membackup/ mencadangkan pesan whatsapp terlebih dahulu. Untuk membackup pesan whatsaap ada dua cara. Agar lebih jelasnya silahkan simak tulisan dibawah

Backup Chat Whatsapp di Penyimpanan Internal (offline)

Cara yang pertama adalah membackup pesan whatsapp di penyimpanan internal. Sebelum membackup pesan melalui penyimpanan internal, ada baiknya untuk mengahpusa pesan-pesan, gambar maupoun video yang menurut kmau tidak terlalu penting.

Karena dengan menghapus pesan yang tidak penting maka otomatis ukuran penyimpaan backup chat juga kecil sehingga tidak membuat memori penuh, namun bagi kamu yang tidak menghawatirkan penyimpanan memori internal bisa langsung ikuti cara berikut ini.

  • Silahkan masuk ke aplikasi whatsapp anda
  • Kemudian di bagian chat klik tombol titik tiga di sebelah kanan atas. Kemudian pilih Setelan
  • Lanjut pilih Chat kemudian pilih cadangkan chat
  • Kemudian silahkan klik Cadangkan, dan tunggu hingga proses pencadangan selesai.
  • Jika sudah selesai, maka secara otomatis seluruh riwayat chat anda sudah tersimpan di penyimpanan memori internal anda.
  • Untuk memastikan apakah sudah tersimpan atau belum, silahkan masuk ke folder penyimpanan yang ada di hape, Kemudian pilih Whatsapp dan lanjut pilih

Backup chat whatsapp di Google drive (online)

Cara membackup pesan google yang kedua adalah dengan menggunakan google drive. Menurut saya, menyimpan riwyat pesan di google drive ini lebih efektif daripada di penyimpanan memori, karena ini bersifat online.

Ketika Smartpone kita rusak, hilang, maupun ingin mengganti yang baru, kita tidak lagi perlu mencari cadangan pesan yang ada di penyimpanan internal kita. Kita tinggal memasukkan akun google yang kiat apakai unttuk backup, maka selesai urusanya.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai backup chat whatsapp melalui google drive, kamu bisa menyimak tulisan berikut.

  • Seperti halnya membackup chat di penyimpanan internal tadi, ada baiknya kamu menghapus pesan-pesan atau file yang menurut kamu tidak begitu penting agar mempercepat proses backup lewat googledrive.
  • Langkah awalnya juga sama sperti diatas, jadi masuk dulu Silahkan masuk ke aplikasi whatsapp. Kemudian di bagian chat klik tombol titik tiga di sebelah kanan atas. Dan kemudian pilih Setelan
  • Selanjutnya masih sama, pilih Chat dan kemudian klik Cadangan chat.
  • Dibawah tulisan cadangkan. Ada setelan google drive. Diditulah kamu dapat mengatur Pembackupan melalui google drive.
  • Klik Cadangkan ke Google Drive untuk mengatur kapan saja kamu bisa membackup melalui google drive. Disitu akan ada pilihan harian, mingguan, atau bulanan bagi kamu yang ingin membackup otomatis. Jika ingin manual bisa dipilih Hanya ketika saya mengetuk “Cadangkan:”.
  • Ketika ingin membuat cadangan pesan di google drive, kamu harus punya akun terlebih dahulu. Jika sudah punya bisa klik Akun, kemudian pilih akun google yang akan kamu jadikan sebagai tempat cadangan.
  • Dibawahnya lagi akan ada pilihan untuk mencadangkan melalui wifi atau seluler. Kamu bisa pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Serta ada pilihan untuk menyertakan video atau tidak ketika proses pembackupan.
  • Nah ketika semua sudah selesai diatur, maka untuk mencadangkanny sama, yaitu klik Tombol hijau “Cadangkan”.
  • Perbedaan dengan yang sebelumnya, ketika kita sudah mengatur setinggan google drive, ketika kita memencet tombol “Cadangkan”, maka secara otomatis pesan-pesan ataupun media akan terbackup baik di penyimpanan internal maupun di google drive

Sedikit tips, ketika kamu ingin mencadangkan chat di google drive, pastikan dulu jaringan internet kamu stabil, agar memepermudah proses pencadangan. Itulah tadi cara mencadangkan chat whatsapp bak melalui penyimpanan memori internal maupun lewat google drive.

Cara Restore Chat Whatsapp

Jika kamu pernah mencadangkan pesan, baik di penyimpanan memori internal ataupun google drive kemudian ingin memulihkan atau mendapatkan kembali riwayat chat yang terhapus, maka berikut adalah caranya :

  • Jika di hape kamu masih ada aplikasi whatsapp yang masih terpasang, maka uninstalllah terlebih dahulu. Karena ketika ingin mengembalikan pesan yng dicadangkan memang harus dimulai dari pemasnagan aplikasi.
  • Jika sudah maka instal lagi whatsapp dari playstore dan buka aplikasi tersebut.
  • Kemudian, lakukan pendaftaran seperti biasa, dafatarlah dengan nomor yang sama ketika mencadangkan.
  • Setelah selesai mendaftar, whatsapp akan secara otomatis mencari ketersediaan file backup ketika instalasi
  • Jika sebelumnya kamu mencadangkan di penyimpanan memori internal, maka whatsapp akan menampilkan opsi untuk memulihkan file backup yang ada di penyimpanan memori internal. Dan jika sebelumnya kamu mencadangkan di google drive, maka whatsapp akan menampilkan opsi untuk memulihkan file backup yang ada di google drive.
  • Maka setelah ada pilhan opsi tersebut. Kamu tingal memencet tombol “RESTORE” untuk memulihkan chat whatsapp kamu.

Itulah tadi beberapa cara untuk membackup dan merestore chat yang whatsapp kamu. Jadi jangan lagi khawatir jika hape kamu hilang, rusak, atau mau gonta-ganti hape. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jika ada kendala yang berkaitan mengenai backup maupun restore chat whatsapp, silahkan tulis di kolom komentar, mungkin saya sedikit bisa membantu.

Sekian dulu dari saya, silahkan mampir ke artikel saya yang lain yang berkaitan dengan whatsapp.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *