Semua tentang Whatsapp web : Kelebihan, Kekurangan, Cara Pakai. Terlengkap lah!

Cara menggunakan whatsapp web-Seperti kita ketahui, Whatsapp adalah aplikasi berbalas pesan yang mudah dan nyaman digunakan. Setiap orang yang memiliki Smartphone, kemungkinan besar pasti memilik Aplikasi ini untuk berkomunikasi. Data yang saya dapatkan dari Playstore saat ini, kurang lebih sudah ada sekitar 1 milyar lebih orang yang memakai whatsapp.

Dengan banyaknya pengguna, whatsapp mulai menambah fitur-fiturnya. Fitur instastory yang digandrungi pengguna instagram kini sudah bisa digunakan pengguna whatsapp untuk memperlihatkan aktivitas keseharian mereka. Yang baru-baru ini whatsapp menambahkan fitur video call grup yang bisa melakukan video call hingga 4 orang sekaligus.

Fitur Whastapp lainya yang bisa dinikmati adalah Whatsapp web. Seperti namanya, Whatsaap web adalah akses whatsapp bukan melalui aplikasi, melainkan dari web. Whatsapp web adalah fitur yang mensinkronisasi dari akun whatsapp yang ada di HP ke dalam komputer.

Jadi penggunaan whatsapp web ini bukan berarti kamu membuat akun whatsapp baru di komputer/laptop. Namun, hanya memudahkan pengguna agar bisa menggunakan whatsapp komputer/laptop. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai whatsapp web, kamu bisa menyimak artikel berikut.

Kelebihan Whatsapp Web

Ketika pihak Whatsapp menyediakan Whatsappa web, tentunya bukan tanpa alasan. Whatsapp web ini dibuat untuk memudahkan  para penggunanya. Berikut kelebihan menggunakan whatsapp web.

Meningkatkan produktivitas kerja.

Bagi beberapa pekerjaan, adanya Whatsapp web ini akan meningkatkan produktivitas pekerjaan. Contohnya customer service. Dengan adanya Whatsapp web ini, maka akan memudahkan membalas pertanyaan-pertanyaan yang masuk dengan cepat.

Mengirim file dari komputer

Tak sedikit orang yang menyimpan file-file pribadinya didalam komputer, seperti foto maupun video. Dulu sebelum Whatsapp web ini ada, ketika ingin mengirim foto atau video harus memindahkan filenya dulu dari komputer ke HP. Dengan adanya layanan ini, maka tak perlu lagi repot-repot memindahkan file.

Mungkin itu dua manfaat besar yang saya rasakan saat ini. Bagi kamu yang masih penasaran dengan manfaat-manfaat lainya, bisa langsung gunakan Whatsapp web sekarang

Kelemahan Whatsapp Web

“Cinta aja gak ada yang sempurna, apalagi gadget” begitu kata salah satu reviewer gadget di channel youtubenya. Segala sesuatu diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangan. Setelah saya sebutkan Kelebihan Whatsappa diatas, berikut adalah beberapa kelemahan dari whatsapp web

Jaringan Internet yang Dipakai Harus Stabil

Menggunakan whatsapp web dibutuhkan jaringan internet yang kuat atau minimal stabil. Karena ketika jaringan lemah maka whatsapp web juga akan lambat dalam menerima respon.

Buat kamu yang tinggal ditempat yang agak pelosok, dan pake kartu yang itu tu… iya… yang tiga huruf itu.. Saya sangat tidak menyarankan  untuk memakai whatsapp web. Takut laptop atau komputernya yang jadi korban KDRT karena sinyal jelek.

Tidak Support Video Call maupun Audio Call

Video call dan audio call adalah fitur unggulan yang ada di whatsapp. Dengan memakai whatsapp web, fitur ini tidak bisa dipakai. Jadi menurut hemat saya, layanan whatsapp web ini hanya cocok digunakan untuk bekerja dan sekedar mengirim file dari komputer.

Tidak Bisa Digunakan ketika Handphone Mati.

Whatsapp web bisa digunakan ketika handphone dalam keadaan hidup dan ada jaringan. Ketika handphone mati atau kehilangan sinyal, maka otomatis whatsapp web tidak bisa digunakan lagi.

Syarat Akses Whastapp Web

Whatsapp web memiliki beberapa persayaratn sebelum memakainya. Persyaratan ini sebenarnya simple. Namun, jika diabaikan penggunaan whatsapp web bisa tidak maksimal. Berikut adalh syarat-syarat seblum memakai whatsapp web :

Pastikan Kamu Punya Smartphone dan Komputer/Laptop.

Ini menjadi syarat utama. Ya iyalah…..masak iya pake hape jadul. Tipe smartphone yang digunakan bisa bermacam-macam. Baik android, iphone, blackberry, ataupun windows phone.

Pastikan Whatsapp Masih Aktif

Pastikan whatsapp yang akan kamu gunakan di whatsapp web adalah whatsapp yang masih aktif, dan ada di smartphone kamu.

Pastikan Jaringan Stabil

Ketika menggunakan whatsapp web, kamu harus memiliki jaringan yang bagus. Baik itu hape, maupun komputernya. Ketika salah satu ada yang jaringannya jelek, tentu akan mengganggu kenyamanan dalam pemakaian whatsapp web.

Itu tadi beberapa sayarat minimal ketika kamu ingin menggunkaan whatsapp web. Ketika syarat tersebut ada yang diabaikan, maka penggunaan whatsapp web akan menjadi tidak maksimal.

Cara Menggunakan Whatsapp web

Kita masuk ke bagian inti dari artikel ini. Disini akan saya urutkan cara menggunakan whatsapp web secara urut.

Masuk ke Website Resmi Whatsapp

Sebagai informasi tambahan, kamu tidak perlu mendownload atau install whatsapp web. Sebab, penggunaan whatsapp web hanya menggunakan browser saja.

Yang pertama, nyalakan komputer/laptop, kemudian masuk ke browser (chrome, firefox, ucbrowser, dll). Kemudian kunjungi situs Whatsapp web yang resmi. Setelah masuk, maka akan muncul halaman yang menampilkan sebuah QR code sebagaimana di gambar.

cara menggunakan whastapp web

Scan Kode QR yang Ada Di HP.

Langkah yang kedua adalah mencocokkan Qr code yang ada di komputer dengan yang ada di smartphone. Smartphone yang saya gunkan disini adalah android, jika smartphone yang kamu gunakan bukan android, caranya akan saya jelaskan nanti dibawah.

Untuk pengguna android, silahkan buka whatsapp, kemudian klik tombol titik tiga yang berada di sebelah pojok kanan atas, kemudian pilih whatsapp web.

 

Setelah itu, klik “OK, GOT IT”. Kemudian pindai QR code yang ada di whatsapp web menggunakan Whatsapp di smartphone. Maka secara otomatis tampilan whatsapp di smartphone akan tampil di komputer/laptop.

Nah untuk selain pengguna android, berikuta cara agar smartphone kamu bisa mengakses whatsapp web :

  • Untuk iPhone: pilih Pengaturan > WhatsApp Web.
  • Untuk Windows Phone: pilih Menu > WhatsApp Web.
  • Untuk BlackBerry 10: Gesek ke bawah dari bagian atas layar > WhatsApp Web.

Sebagai informasi tambahan lagi, ketika whatsapp sudah terkoneksikan dengan whatsapp web, kamu masih bisa menggunakan whatsapp yang ada di smartphone.

Chatting, Kirim Media, Lihat status.

Untuk melakukan chatting di whatsapp web, caranya sama seperti menggunakan whatsapp di smartphone, cukup cari kontak yang akan kita chat di kolom pencarian di sebelah kiri atas.

Dan untuk mengirim foto ataupun video, cukup klik tombol peniti yang ada di samping tombol  titik tiga, di sebelah kanan atas. Atau bisa menyeret foto dari dokumen ke kolom chat.

Di whatsapp web, kita memang tidak bisa mengupdate status. Namun, kita dapat melihat status-status dari kontak kita. Caranya, klik simbol bulat di sebelah atas dan status dari kontak kita aklan terlihat

Cara Logout dari Whatsapp Web.

Jika kamu membuka whatsapp web di warnet atau latop yang bukan milikmu, jangan pernah lupa untuk log out agar privasi kamu tetap aman.

Caranya sama seperti sebelum mengakses whatsapp di awal. Klik tombol titik tiga yang berada di sebelah pojok kanan atas, kemudian pilih whatsapp web. Disitu akan terlihat kapan terakhir kita terhubung di whatsapp web. Kalau mau logout tinggal pilih Keluar dari semua komputer.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai whatsapp web. Silahkan baca-baca artikel saya yang lain juga.

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *