Doa Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Doa Untuk Bayi Baru Lahir – Kelahiran sang buah hati merupakan fenomena kejadian yang berharga tersendiri bagi kedua orang tua bayi. Setelah 9 bulan lamanya menantinya, kini telah hadir seorang yang mulia nan suci yang akan menjadi penerusnya.
Kondisi lahir dalam keadaaan sehat walafiat pasti akan menjadi kebahagiannya juga. Namun dilahirkan dengan iringan sebutan nama-nama Allah akan lebih baik dan patut kita lakukan sebagai luapan syukur & ungkapan ketaatan kepada perintah Allah SWT dan Rasul-Nya.
Adapun beberapa do’a dan dzikir yang telah diajarkan Nabi Muhammad SAW ketika seseorang melahirkan bayi. Berikut Ulasan dan penjelasannya.

Do’a Untuk Bayi Baru Lahir

Adzan & Iqomah

Untuk sang Ayah dianjurkan mellantunkan adzan untuk sang bayi tepat di telinga kanan bayi dengan pelan dan penuh keikhlasan. Serta tak lupa melafalkan iqomah tepat di telinga kiri bayi.

Membaca Surat Al-Ikhlas

Kemudian dianjurkan pula membacakan surat Al-Ikhlas di telinga kanan sang bayi.

Membaca Surat Al Qadr

Tak lupa surat Al-Qadr juga dibacakan di telinga kanan bayi dengan dilanjut QS. Ali Imron ayat 36.

Membaca Doa Untuk Bayi

Tak lupa bacakan juga doa khusus agar bayi dalam perlindungan dan penjagaan Allah dari godaan setan. Serta mintakan keberkahan atas kelahiran.
“Ketika anakku lahir, aku membawanya ke Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi nama bayiku tersebut dengan nama Ibrahim dan men-tahnik-nya dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku. (HR. Bukhari 5467 dan Muslim 2145).

Tahnik adalah memberi kunyahan kurma lembut kepada bayi yang baru lahir. Dianjurkan menggunakan kurma ajwa agar lebih sempurna.

Teknik tahnih juga banyak digunakan pada era modern ini termasuk penggunaan makanan penunjang air susu ibu (MPASI) juga sedikit menduplikasi cara Nabi SAW.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon perlindungan kepadaMu dari buruknya keturunan & dari setan yang terkutuk”

Do’a Keberkahaan Untuk Bayi

بَارَكَ اللَّهُ لَكِ فِيهِ، وَجَعَلَهُ بَرًّا تَقِيًّا

“Semoga Allah memberikan berkah anak ini untuk kamu dan menjadikannya orang yang baik lagi bertaqwa”.

جَعَلَهُ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيكَ وَعَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ – صلى الله عليه وسلم –

“Semoga Allah menjadikannya anak yang selalu diberikan keberkahan untukmu dan untuk umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. ”
*
Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan bisa kita amalkan sebagaimana mestinya dan sesuai tuntunan ajaran Baginda Nabi Muhammad SAW.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *