Gambaran Hari Kiamat Di Dalam Al-Quran

Gambaran Hari Kiamat-Kiamat adalah suatu hal yang pasti terjadi, kita sebagai seorang muslim harus meyakini tentang adanya hari kahir ini. Salah satu cara untuk menambah keyakinan kita terhadap hari akhir adalah dengan mempelajari sesuatu yang berkenaan dengan hari akhir. salah satu yang wajib kita ketahui adalah tanda tanda hari kiamat baik kiamat kecil maupun kiamat besar.

Dengan semakin banyak menambah pengetahuan kita tentang hari kiamat, tentu rasa percaya akan adanya hari akhir juga semakin besar. Ketika sudah mengimani adanya hari akhir, semangat kita dalam beribadah juga pasti akan semakin bertambah.

Gambaran Hari Kiamat di dalam Alquran

Di dalam alquran, allah menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan hari kiamat. Mulai dari nama lain dari hari kiamat hingga proses terjadinya hari kiamat. Banyak sekali ayat-ayat yang menggambarkan tentang terjadinya hari kiamat di dalam Al-Quran.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَنْظُرَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُ رَأْيَ عَيْنٍ فَلْيَقْرَأْ (إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ) وَ (إِذَا  السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ) و (إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ)

Barangsiapa yang ingin melihat hari kiamat seakan-akan melihatnya (langsung) dengan mata kepala (sendiri) hendaknya ia membaca surah (إِذَاالشَّمْسُكُوِّرَتْ)” yakni surah at Takwir “dan surah (إِذَاالسَّمَاءُانْفَطَرَتْ)” yakni surah al Infithar, “dan (إِذَاالسَّمَاءُانْشَقَّتْ)” yakni surah al Insyiqaq.(HR. Ahmad, at-Tirmidzi dan al-Hakim dari shahabat Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma).

Apa yang beliau sabdakan memang benar adanya. Jika kita lihat pada ketiga surat tersebut, kandungan ayat-ayatnya memang menyangkut rincian terjadinya hari kiamat. Pada surat-surat lain di dalam alquran juga masih banyak terdapat ayat yang menjelaskan tentang terjadinya hari kiamat yang begitu mengerikan.

Berikut ini adalag gambaran terjadinya hari kiamat yang ada di dalam Al-Quran

  • Matahari Digulung

gamabaran hari kiamat
pixabay.com

Penjelasan ini terdapat pada surat at-takwir ayat pertama :

إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ

“Apabila matahari digulung”

Menurt Imam Al-Alusi kata “kuwwirat” berasal dari kata “kara” yang berarti melipat kain menjadi surban di kepala. Pada bangsa arab, memakai surban adalah tardisii yang telah berlangsung lama. Dari situlah Allah ingin menjelaskan betapa mudahnya menggulung matahari sebagaimana orang arab menggulung surban.

Allah tidak menejelaskan dengan detail apa yang akan terjadi dengan matahari. Namun kita paham bahwa matahari adalah sesuatu yang paling vital di alam semesta. Jika saja pergerakan matahari berbeda sedikit daripada biasanaya, boleh jadi matahari tidak lagi memberikan kehangatan dan semua makhluk di bumi pasti kedinginan. Atau sebaliknya, matahari bisa memancarkan panas yang terik sehingga bumi menjadi sangat panas.

Pada intinya, matahari adalah sumber daya bagi kehidupan kita. Jika saja matahari bergerak keluar dari siklus maka sudah pasti ada sesuatu yang tidak kita harapkan. Di ayat ini Allah menggambarkan bahwa pada hari kiamat nanati matahari seperti digulung. Dari kalimatnya saja kita sudah paham bahwa akan terjadi sesuatu yang dahsyat luar biasa.

  • Langit Tebelah dan Bintang-bintang Berjatuhan

gambaran hari kiamat
pixabay.com

Penggambaran ini terdapat di ayat dua dalam surat at-takwir :

وَإِذَا النُّجُومُ انْكَدَرَتْ

Dan apabila bintang-bintang berjatuhan.

Allah menggambarkan bahwa pada hari kiamat nanti langit akan terbelah dan bintang-bintang akan berjatuhan menimpa bumi. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Shaleh dari Ibnu Ab bas, bahwasanay Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “pada hari itu “kiamat”, tidak tersisa satu pun bintang dilangit. Seluruhnya berjatuhan di atas bumi”.

Bintang gemerlapnya menghiasi malam, yang jumlahnya tak terhitung itu, ketika hari kiama nanti akan berjatuhan. Menghancurkan seluruh isi bumi dan penduduknya.

  • Gunung-gunung Dihancurkan

gambaran hari kiamat
www.goodnewsfromindonesia.id

Allah menggambarkan bahwa di hari kiamat nanti gunung-gunung yang berfungsi sebagain pasak bumi akan hancur. Kondisi diterangkan di surat at-takwir ayat 3.

وَإِذَا الْجِبَالُ سُيِّرَتْ

“Dan apabila gunung-gunung dihancurkan”

Kiat ambil sebuah contoh. Gunung krakatau yang meletus pada tahun 1883 bisa dikatakan sebagai letusan yang paling dahsyat dalam sejarah manusia modern. Suara letusannya bisa terdengar sampai 4.600 km dari pusat letusan atau bisa disimpulkan bahwa ledakanya dapat didengar 1/8 penduduk bumi saat itu.

Ledakan ini kemudian dicatat di dalam The Guiness Book of Records sebagai letusan yang paling dahsyat dalam dunia modern.

Jika satu gunung saja letusannya bisa menggegerkan dunia, bisakah anda bayangkan jika yang meletus bukan hanya satu gunung, melainkan seluruh gunung yang ada di dunia. Penggambaran ini Allah perjelas di dalam surat al-kahfi yang artinya :

“dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorangpun dari mereka.” (QS Al-Kahfi 47)

  • Harta Kekayaan Ditinggalkan, Tidak Dipedulikan

gambaran hari kiamat
pixabay.com

Allah berfirman di ayat berikutnya untuk lebih memeperjelas kondisi hari kiamat nanti. Bunyinya adalah :

وَإِذَا الْعِشَارُ عُطِّلَتْ

“Dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak diperdulikan)”

Allah menggunakan kata “isyar” untuk merujuk makna unta. Padahal, dalam bahsa arab unta bisa juga disebut jamal atau ibil. “isyar” sendiri artinya adalah unta yang sedang bunting. Bahkan menurut imam Al-Qurthubi, Isyar itu menunjukkan bahwa kehamilannya sudah mencapai bulan sepuluh.

Dalam kehidupan bangsa arab tradisional, unta adalah harta yang paling berharga. Apalagi ketika unta itu dalam keadaan hamil, harga dari unta akan semakin mahal. Jika kita kiasakan pada masa sekarang, “unta hamil” bisa diartikan sebagai harta kekayaan yang sangat bernilai.

Allah memberikan gambaran bahwa pada hari kiamat nanti, orang-orang tidak akan memikirkan harta kesayangan mereka. Itu karena saking dahsyatnya dan ngerinya hari kiamat. Orang-orang akan sibuk mencari tempat aman daripada mengurusi harta kesayanganya.

  • Lautan Dipanaskan

gambaran hari kiamat
www.mizutex.com

Allah menjelaskan di dalam ayat 6 bahwa ketika hari kiamat nanti, lautan akan diluapkan.

وَإِذَا الْبِحَارُ سُجِّرَتْ

“Dan apabila lautan dijadikan meluap”

Di dalam tafsir jalalain disebutkan bahwa “sujjirat” ini bermakna dinyalakan. Yang artinya lautan itu kan dinyalakan sehingga berubah menjadi lautan api. Makna ini senada dengan yang Allah jelaskan di dalam surat at-tur ayat 6 bahwa di dibawah dasar laut ada api.

Ini artinya bahwa nanti ketika hari kiamat, lautan yang luas itu akna dipanaskan, sehingga berubah menjadi api yang menyala dengan hebatnya. Dan saat itu bumi akan menjadi kering dan tidak ada air yang tersisa karena lautan yang berisi air sudah menjadi api.

Itu tadi adalah gambaran mengenai hari kiamat yang ada di dalam Surat At-Takwir. Sebenarnya masih banyak ayat di dalam Al-quran yang menjelaskan tentang proses terjadinya hari kiamat. Berhubung ini adalah artikel mungkin saya cukupkan sampai disini dulu.

Dengan gambaran terjadinya hari kiamat sebagaimana penjelasan diatas, kita tahu bahwa hari kiamat adalah hari hancurnya alam semesta. Kita sebagai seorang muslim sangat meyakini bahwa hari kiamat pasti akan terjadi.

Marilah kita gunakan waktu dari sisa hidup kita ini dengan banyak beramal tanpa harus menghitungnya. Karena di akherat nanti adalah waktunya perhitungan tanpa ada amal lagi.

Demikin apa yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat bagi saya pribadi dan umumnya kepada pembaca sekalian.

Sekian. Wallahu a’lam bisshowab. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *