Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis Secara Agama, Medis, dan Sosial.

Pengertian

Manfaat puasa senin kamis-Sebagai seorang muslim, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam akan selalu menjadi panutan kita dalam melaksanakan segala sesuatu. Karena segala sesuatu yang beliau lakukan kemudian kita tiru, akan ada balasan bagi kita  berupa investasi pahala.

Salah satu kebiasaan Nabi Muhammad adalah senantiasa melakukan puasa sunnah di samping puasa Romadhon. Beliau sering melaksanakan puasa di hari senin dan kamis. Puasa inilah yang kemudian kita kenal dengan sebutan puasa senin kamis.

Pelaksanaan puasa senin kamis dilakukan seperti puasa pada umumnya. Yang menjadi ciri khas dari puasa ini adalah keistiqomahanya. Kata nabi, amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah yang sedikit namun konsisten.

Berikut akan saya tulis beberapa keutamaan dan manfaat puasa senin kamis. Baik dari sisi agama, sisi kesehatan, dan sosial.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Berikut ini adalah berbagai keutamaan dari puasa senin kamis :

Waktu Dimana Dihadapkanya Amal kepada Rabb Semesta Alam.

Rasulullah sangat bersemangat dan bersungguh-sungguh ketika menjalankan puasa senin kamis. Salah satu alasan beliau adalah karena di hari senin dan kamis lah amal-amal manusia akan diperiksa.

Rasulullah bersabda :

“تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ.”

“Amal-amal manusia diperiksa pada setip hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” [HR. At-Tirmidzi dan lainnya]

Hari Dimana Rasul Dilahirkan dan Diutus Menjadi Rasul

Sebab kedua kenapa rasulullah sangat menyukai puasa di hari senin dan kamis adalah karena beliau dilahirkan dan diutus menjadi nabi ketika hari senin.

Dalam shahih muslim, dari Abu Qatadah bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa di hari senin. Beliau menjawab :

“ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيْهِ.”

“Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya al-Qur-an kepadaku pada hari tersebut.”

Dibukanya Pintu Surga Arroyyan bagi Orang yang Berpuasa

manfaat puasa senin kamis
ilustrasi via teshnwritings.com

Keutamaan berikutnya bersifat umum bagi yang berpuasa apa saja, jadi tidak dikhususkan bagi yang puasa senin kamis saja. Yaitu disediakanya pintu khusus di surga kelak bagi orang-orang yang rajin berpuasa. Pintu itu benama “Ar-rayyan”.

Kata Ar-Rayyan sendiri secara bahasa memiliki makna puas, segar dan tidak haus. Secara makna, kata ini sesuai dengan keadaan orang yang berpuasa. Sehingga kelak ketika orang-orang yang rajin berpuasa memasuki pintu Ar-Rayyan, mereka tidak akan pernah merasakan haus lagi.

Dalilnya, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh mutafaqqun alaih. Rasulullah bersabda :

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

“Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa di hari kiamat masuk dari pintu itu. Tidak dibolehkan seorang pun memasukinya selain meraka. Lalu dikatakan, ‘Dimana orang-orang yang berpuasa?’ Mereka pun bangkit, tidak ada seorang pun yang masuk kecuali dari mereka. Ketika mereka telah masuk, (pintunya) ditutup dan tidak seorang pun masuk lagi.” (HR. Bukhari, 1763. Muslim, 1947)

Ibadah yang Langsung Dinilai Oleh Allah

Ibadah seperti sholat, zakat, haji, dapat dilihat kasat mata. Sedangkan puasa adalah bentuk ibadah yang tidak dapat dilihat langsung oleh manusia. Maka resiko terkena riya’ ketika melakukan ibadah pun juga kecil.

Puasa juga memiliki keistimewaan daripada ibadah-ibadah yang lain. Ketika amalan selain puasa akan diberikan pahala berupa dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan atau lebih, maka berbeda dengan puasa. Pahala puasa tidak terhitung jumlahnya, karena Allah sendiri yang akan membalasnya.

Diriwayatkan dari Abu huroiroh bahwa Raulullah  shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ

Setiap amal anak Adam dilipatgandakan. Satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa sampai tujuh ratus kali. Allah Azza wa Jalla berfirman, “Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang membalasnya…” (HR. Muslim, An-Nasai, Ad-Darimi, dan Al-Baihaqi)

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Secara Agama

Izzuddin bin Abdis Salam dalam kitab maqashidus shaum, merangkum beberapa riwayat terkait hikmah dan manfaat puasa. Beliau meniympulkan setidaknya ada tujuh manfaat yang perlu diperhatikan.

 للصوم فوائد: رفع الدرجات، وتكفير الخطيئات، وكسر الشهوات، وتكثير الصدقات، وتوفير الطاعات، وشكر عالم الخفيات، والانزجار عن خواطر المعاصي

Artinya, “Puasa memiliki beberapa faidah: meningkatkan kualitas (iman), menghapus kesalahan, mengendalikan syahwat, memperbanyak sedekah, menyempurnakan ketaatan, meningkatkan rasa syukur, dan mencegah diri dari perbuatan maksiat.”

Meningkatkan Kualitas Iman

manfaat puasa senin kamis
ilustrasi via techprevue.com

Tingkat keimanan seseorang sering bergonta-ganti seiring berjalanya waktu. Dikala melakukan maksiat maka akan menurun. Dan ketika beribadah maka tingkat keimana akan naik.

Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya iman akan usang di rongga salah seorang dari kalian sebagaimana halnya pakaian, maka mintalah kepada Allah agar memperbaharui iman di dalam hati kalian.” (HR. Thabrani).

Dari hadits diatas bisa kita simpulkan, bahwa diperlukanya usaha untuk menguatkan iman agar semakin kokoh, atau setidaknya tidak terjun bebas hingga tanpa keimanan.

Bagi orang yang beriman, puasa adalah sarana yang paling efektif untuk memperbarui dan meningkatkan kualitas iman. Berbagia aturan yang didapati ketika berpuasa diyakini dapat dapat mengasah dan membersihkan hati.

Mengendalikan Hawa Nafsu

manfaat puasa senin kamis
ilustrasi via istockphoto.com

Nafsu tebagi menjadi beberapa jenis, nafsu harta, syahwat, amarah dan lain sebagainy. Semua nafsu itu menyuruh kepada kejahatan, kecuali yang yang diberi rahmat oleh Allah.

Allah berfirman dalam surat yusuf :

:وَمَا أُبَرِّىءُ نَفْسِي إِنَّ النَّفْسَ لأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلاَّ مَا رَحِمَ رَبِّيَ إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang. ( QS. Yusuf :  53 )

Dari segi nafsu dunia kita belajar untuk hidup sederhana, agar juga merasakan penderitaan sebagaimana orang-orang miskin. Dari segi amarah kita dianjurkan untuk menahan marah ketika kita sedang berpuasa. Rasulullah pernah bersabda, jika seseorang mengajak kita untuk bertengkar, atau memancing amarah kita, dan kita sedang berpuasa maka ucapkanlah “inni shoim, inni shoim” (sesungguhnya saya sedang berpuasa)

Dari segi syahwat juga terkendali. Bagi pasanagan suami istri, berhubungan di siang hari dapat membatalkan puasa. Rasulullah juga menganjurkan bagi para pemuda yang belum mampu untuk menikah untuk berpuasa. Karena puasa dapat mengendalikan nafsu syahwat.

Mengikuti Sunnah Nabi

Meskipun puasa senin kamis bukan merupakan ibadah yang wajib, tapi setidaknya kita sudah mengikuti apa yang sudah dicontohkan Nabi Muhammad. Apalagi ini bukanlah ibadah yang dilakukan Raslulullah sekali atau dua kali, tapi sudah menjadi Kebiasaan beliau.

Dengan mengikuti apa yang sudah beliau contohkan, maka sudah cukup menjadi bukti bahwa kita adalah pengikutnya.

Harapan kita sebagai pengikutnya adalah diakui oleh beliau dan berharap akan mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti. Dimana tidak ada syafaat, selain dari Nabi Muhammad.

Meningkatkan Rasa Syukur

manfaat puasa senin kamis
ilustrasi via dream.co.id

Berpuasa mengajarkan kita akan arti syukur. Syukur atas segala kenikmatan yang diberikan ketika puasa. Salah satu contohnya adalah nikmat buka puasa.

Bagi seseorang yang berpuasa, waktu berbuka adalah waktu yang paling ditunggu, berbuka bukan tentang jenis dan banyaknya jumlah makanan. Karena apapun yang masuk kedalam perut akan terasa nikmat ketika berbuka.

Ketika waktu berbuka itulah, Allah menuntun kita untuk mensyukuri segala sesuatu yang diberikan oleh-Nya. Salah satunya adalah menahan nafsu makan kita sampai tubuh benar-benar membutuhkannya

Kenikmatan saat berbuka juga menjelaskan arti yang lain. Yaitu bahwa sesuatu yang didapatkan ketika dibutuhkan akan lebih berarti daripada sesuatu yang didapatkan hanya karena sedang menginginkannya.

Sebagai contoh, makanan misalnya. Makanan yang kita makan ketika kita sedang butuh jauh lebih nikmat daripada makanan yang kita makan ketika hanya ingin saja. kenikmatan itu bukan berada di jumlah harga, tapi letaknya di dalam jiwa.

Bisa kita lihat wajah kebahagiaan dari orang-orang miskin yang medapatkan makanan meski tak seberapa. Tak sedikit juga kita lihat muka-muka murung dari orang-orang yang biasa makan di restoran ternama.

Di dalam Alquran Allah berjanji akan menambah nikmat kepada hamba-hambanya yang besyukur

Manfaat Puasa Senin Kamis secara Medis

Memberikan Kesempatan bagi Alat Percernaan untuk Istirahat.

Ketika seseorang berpuasa, maka organ pencernaan yang biasanya bekerja selama 18 jam akan beristirahat.Jika puasa dilakukan dengan benar maka organ pencernaan akan benar-benar istirahat selama 14 jam. Dan efeknya, berbagai jenis macam penyakit dapat dikendalikan.

Ketika puasa, lambung yang tidak pernah beristirahat karena makan tiga kali sehari akhirnya bisa beristirahat total. Nah, saat sistem pencernaan itu istirahat, energi tubuh akan jadi lebih terarah untuk proses perbaikan sel dan sistem tubuh yang rusak.

Usus besar yang juga biasanya bekerja keras ketika proses pencernaan, seperti menyerap air selama proses pencernaan, membentuk massa feses, mendorong keluar sisa makanan hasil pencernaandari tubuh juga akan istirahat.

Terjadi Proses Detoksifikasi

manfaat puasa senin kamis
foxintegratedhealthcare.com

Detoksifikasi adalah upaya untuk mengeluarkan racun-racun yang ada didalam tubuh. Sebenarnya setiap hari, manusia sudah melakukan detoksifikasi berupa buang air kecil ataupun buang air besar. Bisa juga lewat keringat.

Upaya detoksifikasi selama berpuasa sebenarnya bukan dari makanan yang dimakan, tapi proses untuk mengistirahatkan tubuh dari beban-beban yang berat di luar puasa.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meski saat kita berpuasa kita sering merasa lemas, ternyata puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ketika berpuasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kondisi ini berpengaruh besar terhadap sistem imun tubuh manusia.

Bermanfaat Bagi Jantung

Ketika puasa, denyut jantung manusia mengalami penurunan. Lantas apakah penurunan denyut jantung ini berpengaruh terhadap kesehatan?

Setidaknya ada beberapa manfaat ketika seseorang berpuasa, atau ketika jantung mengalami penurunan denyut. Yaitu melawan tekanan-tekanan yang dialami jantung, memberikan kesempatan bagi jantung untuk istirahat, dan jantung akan mendapatkan pasokan darah yang bersih karena ketika berpuasa  darah menjadi steril.

Memperbaiki Funsi Ginjal

Ginjal adalah organ penting didalam tubuh, berfungsi sebagai penyaring kotoran di dalam darah dan dibuang memelaui urin.

Ketika kita sedang berpuasa, maka tidak ada asupan makanan dan air selama kurang lebih 14 jam. Kekurangan air ketika kita berpuasa tenyata mamapu meminimalkan volume air pada darah. Keadaan seperti ini juga memacu laju kinerja mekanisme lokal yang mengatur pembuluh darah, dan juga menambah prostaglandin sehingga nantinya mampu memacu fungsi dan kinerja sel darah merah.

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Meningkatkan Produktivitas Sehari-hari

Memulai Kebiasaan Baik

manfaat puasa senin kamis
google.com

Sebagaimana yang saya jelaskan diatas, kunci dari puasa senin kamis adalah keistiqomahan. Bagi yang belum terbiasa melakukan puasa, mungkin akan merasa kesulitan. Tapi ketika sudah dilakukan maka akan menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Bahkan akan ada sesuatu yang mengganjal ketika tidak dilaksanakan.

Suatu kebiasaan baik memang harus dipaksa di awal, kemudian ketika sudah menjadi kebiasaan lama kelamaan akan menjadi kebutuhan.

Puasa senin kamis sebenarnya tergolong ringan, karena hanya dilakukan dua kali seminggu. Tapi pahala yang didapatkan bukan berarti sedikit. Sebagaimana penjelasan diatas, balasan bagi orang yang berpuasa hanya Allah yang tahu.

Ketika seseorang sudah melaksanakan puasa senin kamis, setidaknya akan mendapatkan dua manfaat. Manfaat yang pertama adalah memilik kebiasaan baru, kebiasaan yang akan mengahantarkanya menuju surga. Manfaat kedua adalah melaksanakan apa yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Menghemat Pengeluaran

manfaat puasa senin kamis
pexels.com

Walaupun ini sebenarya bukan tujuan awal dari puasa,namun bisa jadi salah satu solusi bagi anda yang mungkin kesulitan mengelola keuangan.

Ketika berpuasa pengeluaran keuangan kita ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi kita bisa berhemat karena tidak mengeluarkan biaya untuk makan seharian, atau justru sebaliknya, malah boros ketika sudah masuk waktu buka puasa.

Berhemat ketika berpuasa memang tergantung pribadi masing-masing. Akan tetapi, jika dihitung secara logis, seharusnya pengeluaran yang dikeluarkan ketika puasa memang sedikit. Karena biaya makan di siang hari dihilangkan.

Yang menjadi kesalahan adalah menghambur-hamburkan uang ketika berbuka. Sikap ini tidak baik, baik dari segi agama maupun pengelolaan uang.

Merasakan Penderitaan Orang yang Tidak Mampu.

manfaat puasa senin kamis
summitlife.org

Menjalankan puasa tidak hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar, namun puasa mengajarkan kepada kita untuk intropeksi diri agar lebih peka terhadap kehidupan sosial di sekeliling kita.

Dengan berpuasa maka kita secara langsung merasakan penderitaan orang-orang miskin yang hanya sekedar makan dan minum saja kadangkala mereka tak mampu memenuhinya.

Ketika kita berpuasa, tentunya kita akan merasa haus, lapar dan lemas karena kekurangan nutrisi. Dan disaat itulah kita akan merasakan beratnya penderitaan orang-orang miskin yang mungkin bisa berhari-hari kurang makan.

Maka dari situlah timbul dalam diri kita rasa kepedulian terhadap sesama untuk saling menolong dan berbagi, khususnya kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan kita.

Kemiskinan adalah fakta sosial yang masih ada di sekitar kita. Maka puasa mengajarkan kita untuk membuka hati. Membuka hati kita akan kepedulian terhadap sesama. Puasa bukanlah momentum untuk mubazir, tapi melatih untuk hidup sederhana.

Demikian artikel tentang manfaat puasa senin kamis. Baik dari sisi agama, kesehatan, maupun sosial.

Semoga bermanfaat, apabila ada salahnya saya mohon maaf, wallahu a’lam bisshowab.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *