Pentingkah Performance Management Bagi Perusahaan?


Sekalipun perusahaan sudah melakukan performance appraisal setiap satu tahun sekali, tidak akan mampu menjamin performance management telah diterapkan dengan baik. Penerapan performance appraisal atau penilaian kerja sangat berbeda dengan performance management. Perbedaan mendasar di antara kedua hal ini adalah tingkat pencapaian dan rentang waktu prosesnya.

Performance management seharusnya dilakukan terus – menerus secara konsisten, bahkan setiap saat. Sementara, performance appraisal hanya dilakukan pada waktu – waktu tertentu seperti satu tahun sekali. Meski demikian, baik performance management atau performance appraisal memang sangat dibutuhkan untuk mendorong kinerja karyawan yang lebih baik di masa mendatang. Berikut adalah beberapa hal yang patut diketahui mengenai seberapa penting performance management bagi perusahaan.

1. Mendeteksi Lebih Awal Kinerja Karyawan yang Menurun

Karyawan merupakan aset utama perusahaan. Untuk itu, produktivitas dan kinerja karyawan harus berada di standar atau level tertentu yang ditetapkan perusahaan. Dengan performance management, perusahaan melalui tim HR dapat mendeteksi lebih awal, apabila ada kinerja karyawan yang tidak sesuai ekspektasi perusahaan.

Misalnya, sering terlambat datang ke kantor sehingga kurang produktif, tidak pernah berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan karyawan, dan sebagainya. Hal ini tentunya bisa dilakukan jika performance management dilakukan secara kontinyu dan setiap saat. Sehingga kinerja karyawan akan berjalan sesuai standar karena ada monitoring setiap saat.

2. Mendokumentasikan Performa karyawan

Perusahaan yang melakukan performance management akan memiliki dokumentasi yang dibutuhkan ketika melakukan performance appraisal. Ada bukti otentik dan konkrit, hitam di atas putih. Dokumentasi ini dapat dipakai sebagai fakta dan bukti jika karyawan melakukan pelanggaran. Misalnya, sering terlambat datang ke kantor, mencemarkan nama baik perusahaan, atau melakukan indikasi kecurangan data atau identitas, dan berbagai jenis pelanggaran lainnya.

Bukti dan fakta yang ada, performa karyawan dapat ditindak lanjuti dengan menerapkan sanksi atau sesuai keputusan perusahaan yang semestinya dilakukan. Sehingga performance management akan membantu perusahaan mewujudkan hubungan industrial yang profesional dan berdasarkan dokumen yang faktual.

3. Meningkatkan Motivasi Kinerja Karyawan

Karyawan yang bahagia adalah karyawan yang produktif. Tetapi, tanpa adanya motivasi, mustahil karyawan bisa bahagia di perusahaan Anda. Untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan, dibutuhkan performance management yang profesional dan efektif. Karena dalam performance management terdapat berbagai program yang akan menambah skill karyawan.

Seperti training, seminar, edukasi, dan kegiatan peningkatan motivasi karyawan lainnya. Pengelolaan performa karyawan harus terus diasah oleh tim HR karena seiring zaman, perilaku karyawan juga akan terus berubah mengikuti arus zaman.

***

LinovHR berkomitmen untuk membantu perusahaan di Indonesia menerapkan performance management yang profesional dan modern untuk kesejahteraan karyawan, Melalui salah satu modul dalam software HR yaitu Modul Performance Appraisal LinovHR dapat membantu perusahaan anda meningkatkan performance management karyawan, Segera dapatkan trial akun LinovHR secara gratis dengan menghubungi tim sales LinovHR sekarang, Lewat sini -> https://www.linovhr.com/

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *