Tips Menentukan Pilihan Hidup agar Tidak Menyesal.

Pilihan Hidup-Ini adalah awal saya membuat tulisan yang bukan bersifat informasi. Tujuanya agar kedepanya bisa menjadi sebuah pembelajaran dalam kehidupan saya pribadi, dan semoga bermanfaat bagi pembaca lainya.

Hidup manusia memang selalu dipenuhi dengan berbagai macam pilihan. Mulai dari memilih jenjang pendidikan, menentukan pekerjaan yang akan diambil, menentukan pasangan hidup, atau hanya sekedar masalah sepele seperti menentukan tempat tujuan berwisata.

Tak sedikit orang yang dibuat bingung ketika dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Karena tak ada sesorang pun yang tahu apa yang akan terjadi besok atau bahkan satu jam kedepan.

Rasa takut dan khawatir yang sering menghinggapi manusia ketika dihadapakan dengan pilihan adalah suatu kewajaran. Akan tetapi, rasa takut yang berlarut-larut justru akan membuat seolah berjalan di tempat, karena tidak adanya keputusan yang diambil dan tidak ada langkah yang jelas kedepannya.

Tips Menentukan Pilihan Hidup

Disini akan saya tuliskan beberapa tips dalam menentukan sebuah pilihan hidup, harapanya agar tidak menyesali sebuah pilihan yang sudah dipilih di kemudian hari.

Lakukan Аnalisa

pilihan hidup
unspalsh.com

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menganalisa pilihan tersebut. Apalagi ketika dihadapkan dengan pilihan yang berdampak jangka panjang, seperti pekerjaan , pendidikan, jodoh dan lainnya. Analisa yang diperlukan adalah berupa data dan fakta yang sudah terjadi dilapangan, sehingga kita bisa mengambil kesimpulan dari analisa tersebut.

Salah satu metode analisa yang bagus adalah dengan metode SWOT (strengh, weaknesses, opportunities, and threats). Yaitu menganalisa berdasarkan keunggulan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari pilihan yang akan kita pilih. Buatlah list terlebih dahulu dari analisa SWOT tadi, kemudian bandingkan, dan pilih yang terbaik.

Diskusikan dengan Sahabat dan Orangtua

Pilihan hidup
unspalsh.com

Langkah kedua setelah analisa adalah mendiskusikan pilihan kita terhadap orang tua, kerabat, maupun teman dekat. Dengan didiskusikan, kadangkala ada pandangan pandangan baru sebagai alternatif pilihan kita yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya.

Saya sarankan untuk mendiskusikan kepada teman dekat dan orangtua setiap kita akan mengambil sebuah keputusan. Karena teman dekat dan orangtua lah yang tahu persis bagaimana perilaku kita sehari-hari. Sehingga mereka bisa memberikan saran terkait pilihan yang kita ambil kedepanya.

Mendiskusikan dengan orangtua maupun teman dekat ini hanya kita manfaatkan untuk mencari pandangan baru ataupun saran dari mereka. Sedangkan pemegang keputusan untuk memilih kembali kepada kita sendiri. Karena yang mengetahui diri kita secara keseluruhan juga adalah diri kita sendiri.

Tentukan Prioritas dan Tujuan.

Pilihan hidup
pixabay.com

Sebelum benar-benar mengambil sebuah keputusan, kita harus menentukan prioritas dan tujuan dari pilihan tersebut. Hasil apa yang akan kita peroleh dari pilihan tersebut, sudah menjadi pilihan yang primer kah? atau menjadi pilihan yang sekunder, atau bahkan yang tersier. Di kehidupan ini. Kita memang ditantang untuk menentukan sebuah pilihan yang memang benar-benar menjadi kebutuhan kita terlebih dahulu. Jika kebutuhan primer sudah terpenuhi, baru kita bisa memilih yang sifatnya sekunder maupun tersier.

Ikuti Kata Hati

Pilihan hidup
unsplash.com

Mood. Segala sesuatu yang kita lakukan itu tergantung suasana hati. Maka ketika dihadapkan dengan pilihan yang berbeda. Tentukan pilihan yang hati juga ikut condong kepadanya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kata hatimu.

Ketika pilihan sudah sesuai dengan kata hati, maka menjalaninya akan jadi terasa lebih mudah, ikhlas maksimal dan bahagia. Kondisi akan terlihat berbeda ketika kita memilih karena keterpaksaan. Menjalaninya akan terasa sangat berat meski sebenarnya mudah. Penuh kejenuhan dan kebosanan. Dan pada akhirnya hasil dari usaha juga tidak akan maksimal.

Sholat Istikhoroh

Pilihan hidup
ilustrasi via muhammadiyah.or.id

Kita diciptakan sebagai manusia yang penuh keterbatasan. Tidak ada seseorangpun yang tahu masa depan kita, termasuk orang-orang yang berada di dekat kita. Ketika ingin mengambil sebuah keputusan, Nabi kita mengajarkan untuk melakukan shiolat istikhoroh terlebih dahulu, agar diberi petunjuk terkait keputusan yang akan kita ambil.

Sebagai manusia, mungkin teman ataupun orangtua bisa memberikan masukan terkait pilihan yang akan kita ambil. Tapi rencana Allah adalah yang terbaik. Di al quran disebutkan bahwa kadangkala kita membenci sesuatu, padahal sebenarya itu baik bagi kita, dan kadang kala kita menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagi kita.

Yang tahu masa depan kita hanyalah Allah. Serahkan segala urusan kepada-Nya. Allah’s plan is always better then your plan.

Simak penjelasan lebih lengkap mengenai tata cara sholat istikhoroh di artikel saya yang lain.

Tips agar Tidak ada Penyesalan di Akhir.

Setelah tadi beberapa tips ketika bingung menentukan pilihan, berikut ini saya berikan tips agar pilihan yang kita ambil tidak kita sesali di kemudian hari.

Buat Kontrak dengan Diri Sendiri.

Pilihan hidup
unsplash.com

Setelah ada pilihan yang diputuskan dari cara-cara diatas, maka langkah selanjutnya adalah membuat kontrak dengan diri sendiri. Yaitu membuat perjanjian bahwa keputusan yang kita ambil tidak akan pernah membuat kita menyesal di kemudian hari.

Buatlah semacam janji dengan diri sendiri untuk meningkatkan produktivitas kedepannya. Buat juga semacam punisment jika kita melakukan sesuatu yang sudah keluar jalur dari pilihan yang kita ambil. Tujuanya agar pilihan yang kita ambil ini benar-benar maksimal, dan tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Jangan Pernah Menyesali Pilihan yang Sudah Dipilih.

Pilihan hidup
unsplash.com

Ketika mengambil sebuah keputusan, dibutuhkan juga pengalaman try and error. Ketika baru memasuki fase dewasa, kita pasti pernah mengambil keputusan yang salah. Tetapi tak perlu khawatir, karena sebenarnya itu juga baik bagi kita.

Seperti kata pepatah, kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Kegagalan kita dalam menentukan sebuah pilihan akan membuat kita menemukan sebuah pola pikir baru saat memutuskan atau menyikapi sesuatu. Sehingga ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan di waktu-waktu yang akan datang, kita bisa lebih kritis dan selektif dalam memilih.

Meski pahit, yakinilah bahwa semua yang terjadi pasti ada hikmah besar dibaliknya. Jangan pernah menyesali keputusan yang kita ambil, karena penyesalan hanya akan mengurangi produktivitas.

Lakukan dengan Segenap Hati

Pilihan hidup
id.pinterest.com

Setelah dapat mengambil sebuah keputusan, Lakukan segala sesuatunya dengan segenap hati. Karena ketika semua dilakukan dengan hati akan muncul perasaan bahagia. Melakukan sesuatu dengan hati selalu dijiwai oleh prinsip untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Dan juga akan membuat kita berani melakukan sesuatu yang tak populer sekalipun, karena kita tahu bahwa apa yang kita lakukan akan mempunyai manfaat yang besar.

Sebaliknya, ketika kita melakukan sesuatu yang bukan dari hati, perasaan kita akan menjadi hampa tanpa rasa. Layaknya sebuah boneka, kita melakukan sesuatu tanpa kasadaran mengapa kita melakukan hal tersebut.

Hati ibarat setir kemudi tubuh kita. Perbaiki hati di setiap keadaan agar segala sesuatu yang kita lakukan terasa menyenangkan dan bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Perjuangkan Sampai Selesai

Pilihan hidup
unsplash.com

Segala sesuatu yang sudah kita pilih, pantang untuk menghentikannya di tengah jalan. Karena keputusan yang kita ambil juga sudah melewati beberapa langkah yang juga tidak sebentar.

Lakukan semaksimal mungkin dan selesaikan apa yang kita impikan. Segala sesuatu yang dimulai dengan bismillah, pantang untuk menyerah di tengah-tengah.

Mungkin ini yang bisa saya tulis, jika ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga dapat bermanfaat bagi saya dan pembaca. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *