Menyelesaikan Rubik 2×2 Bagi Pemula

Rubik 2×2 ini dikemukakan pertama kali tahun 1970 oleh Larry D nichols. Rubik ini biasa dikenal dengan sebutan pocket cube atau mini cube. Karena bentuknya yang kecil dan simpel, penyelesainan rubik ini juga tergolong mudah. Rekor tercepat untuk menyelesaikan rubik ini juga kurang dari satu detik.

Buat kamu yang sudah menguasai rubik 3×3, menyelesaikan rubik 2×2 ini buknalah suatu masalah yang besar. Jika kamu memeganng rubik 2×2 dalak kondisi acak-acakan, kamu nggak perlu bingung harus mulai dari mana.

Teknik solving dari rubik 2×2 ini hampir sama dengan rubik 3×3, yaitu kita buat sisi bawah menjadi putih semua dan sekaligus layer satu sudah jadi. Kemudian baru selesaikan layer yang kedua.

Mengenali Pocket Cube atau Rubik 2×2

Semua yang perlu kita pahami dari rubik 2×2 ini tidak jauh berbeda dengan rubik 3×3. Secara keseluruhan sama, bahkan kamu bisa mengenali rubik 2×2 ini dengan cepat karena jumlah kepingannya juga sedikit.

Bagian-bagian Rubik

Bagian pada rubik 2×2 ini sedikit berbeda dengan rubik 3×3. Perbedaan yang paling mencolok adalah tidak adanya center pada rubik 2×2 ini. Karena ketiadaan center inilah yang membuat rubik 2×2 lebih cepat terselesaikan daripada rubik yang lain. Dengan tidak adanya center maka edge pun juga tidak ada.

Jadi bagian-bagian dari rubik ini hanya terdiri dari corner-corner yang saling berdekatan. Kemudian layer juga hanya ada dua.

Arah Pergerakan Rubik

Arah pergerakan rubik ini juga sama persis seperti rubik 3×3. Untuk lebih jealsnya silahkan lihat gambar :

rumus rubik 2x2
notasi pergerakan rubik 2×2

Ri biasa juga disebut sebagai R’ (R aksen). Begitu pula dengan huruf-huruf yang lainya.

Cara Menyelesaikan Rubik 2×2

Untuk menyelesaikan rubik 2×2 ini tidak membutuhkan banyak langkah sebagaimana rubik 3×3 ataupun 4×4. Pada rubik 2×2 ini hanya ada tiga langakh agar rubik bisa sempurna.

Menyelesaikan Sisi Bawah dan Layer Satu

Langkah pertama adalah menyelesaikan sisi bawah rubik. Sebagaimana pada umumnya, pilih warna putih sebagai dasar. Untuk menyelesaikan langkah pertama ini, caranya sama persis seperti pada rubik 3×3.Jika sebelumnya kamu belum pernah memainkan rubik 3×3 pun juga tidak terlalu sulit untuk melewati langkah ini.

Karena sebagian orang menganggap ini adalah permainan asah otak, maka gunakanlah sedikit kecerdasanmu. Untuk mempermudah, gunakan rumus R-U-R’ untuk memposisikan sisi putih agar di bawah dan pastikan agar warna di layer pertama sudah benar.

Jika sisi bawah dan layer satu sudah benar sebagaimana di gambar, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya :

rumus rubik 2x2

Menyelesaikan Sisi Atas atau Sisi Kuning

Setelah menyelesaikan sisi bawah dan layer satu, selanjutnya adalah menyelesaikan sisi kebalikan dari sisi putih, yaitu sisi kuning atau sisi atas. Untuk menyelesaikan sisi atas ini ada tujuh kondisi, agar lebih paham, silahkan lihat gambar beserta penyelesainaya di bawah ini :

rumus rubik 2x2

Warna biru pada gambar adalah warna kuning pada rubik 2×2. Garis biru adalah posisi warna kuning yang ada di layer kedua. Cocokkan posisi rubik sebgaimana di gambar, kemudian tinggal masukkan rumusnya.

Menyelesasikan Layer Kedua

Jika sisi atas sudah rata dengan warna kuning, sekarang tinggal melanjutkan sesi terakhir sebelum rubik 2×2 ini benar-benar selesai. Caranya, posisikan salah satu sisi yang sudah jadi di sebelah kiri seperti gambar berikut ini :

rumus rubik 2x2
warna biru adalah warna kuning

Kemudian masukkan rumusnya :

R-U2-R’-U’-R-U2-L’-U-R’-U’-L

Jika tidak ada pada layer kedua yang sejajar, gunakan rumus diatas hingga muncul warna yang sejajar pada layer kedua. Jika sudah muncul warna yang sejajar tinggal samakan warnanya dengan layer satu, kemudian masukkan rumus seperti diatas.

SELESAI!!!!

Itulah tadi beberapa langkah untuk menyelesaikan rubik 2×2. Mudah dan simpel kan. Jika menurut kamu bermanfaat silahkan bagikan kepada yang lain. Dan beri komentar jika ada yang salah.

Sekian dari saya. SALAM CUBE MANIA!!!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *