Inilah Tanda Tanda Hari Kiamat Menurut Pandangan Islam

Tanda tanda hari kiamat-Percaya akan adanya hari akhir adalah salah satu dari 6 rukun iman yang wajib kita yakini. Rasa percara inilah yang akan membuat orang semakin semangat dalam beribadah, mempersiapkan segala sesuatu untuk menuju kehidupan akhirat.

Hari kiamat adalah tanda berakhirnya kehidupan manusia di muka bumi. Setelah kiamat terjadi, semua orang akan mempertanggungjawabkan segala amal yang telah ia lakukan selama di dunia.

Rasulullah mengajarkan bahwa kehidupan manusia di bumi ini layaknya sesorang yang sedang istirahat sejenak melepas lelah dalam sebuah perjalanan yang panjang. kehidupan kita di dunia ini memang sebentar, karena setelah itu kita akan memasuki kehidupan akherat yang kekal abadi.

Terjadinya hari kiamat tidak ada yang tahu, bahkan manusia terbaik sepanjang zaman, nabi kita Nabi Muhammad pun juga tidak mengetahuinya. Namun beliau memberikan beberapa tanda tanda hari kiamat yang akan terjadi.

Tanda tanda hari kiamat itu sebenarnya ada banyak, tetapi saya hanya akan menjelaskan sedikit saja, selamat membaca dan selamat menyimak.

Tanda-tanda kiamat kecil

Para Penggembala Kambing Berlomba-lomba Meninggikan Bangunan

www.jec.sa

Rosululoh berssabda :

أَنْ تَلِدَ الأَمَةُ رَبَّتَهَا وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُونَ فِى الْبُنْيَانِ

“Jika budak wanita telah melahirkan tuannya serta kalian melihat orang yang bertelanjang kaki dan tak memakai baju yakni para penggembala kambing berlomba-lomba meninggikan bangunan” (HR. Muslim)

Ketika rosulullah ditanya tentang siapa orang yang bertelanjang kaki, tak memakai baju, penggembala kambing, Rasululloh menjawab “mereka adalah orang arab”

Kita bisa lihat kondisi saat ini, bahwa dua diantara gedung-gedung tertinggi di dunia ada di wilayah arab. Ada Burj Khalifa, dan yang paling tinggi The Kingdom Tower.

Tanah Arab Menjadi Subur

travelingyuk.com

Tanda tanda hari kiamat berikutrnya adalah tanah arab menjadi tanha yang subur.

لَا تَقُومُ السَّاعَةُحَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجًا وَأَنْهَارًا

 “Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai.”

Seperti kita tahu, bahwa tanah arab adalah tanah yang tandus. Didominasi padang pasir  yang hanya ditumbuhi sedikit tumbuhan, dan jarang didapati sumber air.

Belakangan ini bukti dari hadits diatas sudah mulai terlihat, dari salju yang sudah turun di daerah arab, atau padang arofah yang dulunya tandus, kini sudah mulai tumbuh berbagai pepohonan.
wallahu a’lam

Terlihatnya Gunung Emas di Sungai Eufrat

i.pinimg.com

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَحْسِرَ الْفُرَاتُ عَنْ جَبَلٍ مِنْ ذَهَبٍ، يَقْتَتِلُ النَّاسُ عَلَيْهِ، فَيُقْتَلُ مِنْ كُلِّ مِائَةٍ، تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ، وَيَقُولُ كُلُّ رَجُلٍ مِنْهُمْ: لَعَلِّي أَكُونُ أَنَا الَّذِي أَنْجُو

“Kiamat tidak akan terjadi sampai sungai Efrat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah sembilan puluh sembilan orang. Setiap orang dari mereka mengatakan, ‘Mudah-mudahan aku-lah orang yang selamat.’” (HR. Muslim no. 2894)

Sungai Eufrat adalah sungai yang mengalir di tiga negara, Turki, Suriah, dan Irak. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di asia barat dengan panjang 2.781 meter. Kalo dipikir-pikir, sungai dengan sepanjang itu mustahil bisa mengering. Akan tetapi, hadits Rosululloh yang shahih passti akan benar-benar terjadi.

Para ilmuwan dari Nasa mengemukakan, bahwa sejak tahun 2003 hingga 2010, debit air sungai Tigris & Eufrat telah kehilangan 114 juta kilometer kubik. Debit air itu terus berkurang dalam jumlah yang besar pada periode 2010 hingga 2015. Tanda-tanda itu semkain menguatkan hadts Nabi tentang tanda-tanda hari kiamat yang satu ini.

Munculnya 30 Manusia yang Mengaku Nabi Sepeninggal Rasulullah

Dari Tsauban , ia berkata, Rasulullah bersabda:

وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَلْحَقَ قَبَائِلُ مِنْ أُمَّتـِي بِالْـمُشْرِكِينَ وَحَتَّى تَعْبُدَ قَبَائِلُ مِنْ أُمَّتِي الْأَوْثَانَ وَإِنَّهُ سَيَكُونُ في أُمَّتِي كَذَّابُونَ ثَلَاثُونَ كُلُّهُمْ يَزْعُمُ أَنَّهُ نَبِيٌّ وَأَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّينَ لَا نَبِيَّ بَعْدِي

“Tidak akan bangkit hari kiamat sehingga beberapa qabilah dari umatku bergabung dengan musyrikin dan sehingga beberapa qabilah dari umatku menyembah berhala-berhala, dan sesungguhnya akan muncul pada umatku para pendusta berjumlah 30 masing-masing mereka mengaku nabi dan akulah penutup para nabi tiada nabi sesudahku.” (Shahih, HR. Abu Dawud Kitabul Malahim Wal Fitan, Bab Dzikrul Fitan wa Dala`iluha no. 4252)

Fenomena Nabi palsu ini sudah terjadi setelah Rasulullah wafat. Di zaman khalifah Abu Bakar, muncul seorang yang mengaku bernama Musaillamah al-kadzab, kemudian ada juga Sajjah, wanita yang mengaku nabi yang kemudian dinikahi Musaillamah Al-kadzab. Ada juga Thulaihah bin Khuwailid yang pada akhirnya bertaubat.

Di era belakangan ini, Nabi-nabi palsu masih Bermunculan. Ada Mirza ghulam Ahmad yang mengaku mendapatkan wahyu setelah kematian ayahnya. Tak ketinggalan, ada pula yang Mengaku nabi di negeri kita ini, yaitu Ahmad Mushaddeq. Yang menamai kelompoknya Al-Qiyadah Al-Islamiyah.

Diangkatnya Ilmu

pexels.com

Tanda tanda hari kiamat berikutrnya adalah diangkatnya ilmu dari muka bumi. Dingaktanya ilmu dari muka bumi bukan berati ilmu itu dicabut seketika. Tapi dengan dimatikannya orang-oarng pintar dan ulama.

Rasulullah bersabda :

مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ.

‘Di antara tanda-tanda Kiamat adalah hilangnya ilmu dan tersebarnya kebodohan.’”

Maraknya Kebodohan

pexels.com

Ketika ulama sudah diwafatkan oleh Allah maka manusia merujuk kepada orang-orang bodoh. Mereka bertanya, maka orang-orang bodoh itu berfatwa tanpa ilmu.

Amanah yang Disia-siakan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا ضُيِّعَتِ اْلأَمَانَةُ فَانْتَظِرِ السَّاعَةَ. قَالَ: كَيْفَ إِضَاعَتُهَا يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: إِذَا أُسْنِدَ اْلأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرِ السَّاعَةَ

‘Jika amanah telah disia-siakan, maka tunggulah hari Kiamat,’ dia (Abu Hurairah) bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimanakah menyia-nyiakan amanah itu?’ Beliau menjawab, ‘Jika satu urusan diserahkan kepada bukan ahlinya, maka tunggulah hari Kiamat!’ (HR. Bukhari)

Merajalelanya Perzinahan dan Minuman Keras

Tanda tanda hari kiamat selanjutnya adalah merajalelanya perzinaan dan minuman khamr.

Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ، وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ، وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ، وَيَظْهَرَ الزِّنَا.

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari Kiamat adalah: diangkatnya ilmu, tersebarnya kebodohan, diminumnya khamr, dan merajalelanya perzinaan.” HR. Al-Bukhari (no. 80)

Jika kita lihat pada masa sekarang ini, perzinaan sudah mulai marak, dari kalangan orang tua sampi yang masih belum cukup umur. Bahkan di negara kita tercinta ini pernah diadakan pekan kondom nasional. Dari kejadian ini kita bisa lihat bahwa seks bebas sudah banyak terjadi di negeri kita.

Apalagi isu tentang pelegalan miras oleh pemerintah. Bukti-bukti tersebut menguatkan bahwa hari kiamat memang sudah dekat.

Budak yang Melahirkan Tuannya

google.com

Salah satu tanda kiamat pernah disampaikan Rasulullah saw kepada Malaikat Jibril yang datang dalam wujud laki-laki tampan.

أَنْ تَلِدَ الأَمَةُ رَبَّتَهَا

“Jika budak wanita telah melahirkan tuannya”(HR. Muslim)

Para ulama berbeda pendapat tentang makna hadits ini. Tetapi ada satu pendapat yang menurut saya paling cocok.

Syaikh Musthafa Dieb Al Bugha dan Syaikh Muhyidin Mistu dalam Al Wafi menjelaskan makna dari  “budak wanita melahirkan tuannya” yaitu“Banyak anak yang durhaka pada orangtuanya, mereka memperlakukan orangtuanya seperti perlakuan tuan terhadap budaknya.”

Maka makna dari “budak wanita melahirkan tuannya” adalah kalimat kiasan. Maknanya, ketika orang-orang sudah tak lagi berbakti kepada ibunya. Tidak menghormati ibunya. Tidak memuliakan ibunya. Yang terjadi justru sebaliknya, anak menyuruh-nyuruh ibunya. Anak memperlakukan ibunya seperti pembantu, seperti budak. Diperintah dan disuruh-suruh dengan sejumlah aktifitas yang tak pantas diberikan kepada sang ibu.

Jumlah Wanita Lebih Banyak Daripada Laki-laki

keepo.me

Salah satu tanda kecil hari kiamat adalah banyaknya kaum wanita dibandingkan kaum laki-laki. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam telah bersabda :

 

مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يَقِلَّ اْلعِلْمُ وَيَظْهَرَ الجَهْلُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا وَتَكْثرَ النِّسَاءُ وَيَقلَّ الرِّجَالُ حَتَّى يَكُونُ لِخَمْسِينَ امْرَأَةً القَيِّمُ اْلوَاحِدُ

 

“Di antara tanda-tanda dekatnya hari Kiamat adalah sedikitnya ilmu (tentang Ad-Dien), merajalelanya kebodohan dan perzinahan, dan sedikitnya kaum laki-laki, sehingga lima puluh orang wanita hanya terdapat satu orang pengurus (laki-laki) saja”

Jiika kita melihat data sensus di negara kita hari ini, maka jumlah perempuan lebih banyak ketimbang laki-laki. Meski jumlahny bukan 1:50, tapi suatu saaat pasti akan terjadi.

Tanda-tanda Kiamat Besar

Setelah tanda-tanda kecil bermunculan, maka Kemudian Tanda tanda hari kiamat besar akan bermunculan satu per-satu. Kata ustad zulkifli ali, seorang pakar akhir zaman, tanda-tanda kiamt kecil itu bersifat lokal, tidak semua orang merasakanya. Sedangkan tanda-tanda kiamat besar bersifat internasional, jadi semua orang akan merasakanya.

Tanda-tanda tersebut sesuai hadits nabi SAW :

 

اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Rasulullah Shallallahu SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu, beliau bertanya: “Apa yang kalian bicarakan?” Kami menjawab: Kami membicarakan kiamat. Beliau bersabda: “Kiamat tidaklah terjadi hingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.” Beliau menyebut kabut, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam Shallallahu ‘alaihi wa Salam, ya’juj dan ma’juj, tiga longsor; longsor di timur, longsor di barat dan longsor di jazirah arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka. (HR. Muslim No.5162)

Dukhon

www.flickr.com

Tanda tanda kiamat besar yang pertama adalah dukhon. Kejadian Dukhon terjadi setelah ada benturan keras dari meteor. Dukhon adalah keluarnya asap tebal dan panas yang menutupi bumi selama 40 hari 40 malam. Sampai-sampai kita tidak bisa menentukan waktu sholat, sehingga kata nabi, ketika kia mau sholat cukup dikira-kira saja.

Munculnya Dajjal

Dajjal adalah manusia keturunan Nabi Adam ‘alaihi wasallam, ciri-cirinya adalaah berbadan besar, Rambutnya keriting dan tebal. Kelihatan dari belakang seolah dahan kayu yang rimbun. Tanda yang paling kelihatan adalah buta pada mata kirinya dan tertulis di dahinya tulisan  “Kafir (Kaf-Fa-Ra)”.

Kemunculan dajjal sudah ada semenjak rosulullah hidup karena ada suatu hadits yang menjelaskan bahwa seorang sashabat bertemu seorang yang aneh. Kemudia dikabarkan kepada rasululla, dan rosulullah mengatakan bahwa orang itu adalah dajjal.

Yang harus diwaspadai dari kemunculan dajjal adalah fitnahnya yag sangat mengerikan. Dua fitnah yang diusung dajjal unuk merekrut pengikut adalah fitnah syahwat dan fitnah syubhat. Dajjal akan memasuki semua kota di seluuh dunia kecuali Kota Makkah dan Madinah.

Wallahu a’lam

Terbunuhnya Dajjal di tangan Nabi Isa

Kita sebagai umat islam meyakini bahwa Nabi Isa belum meninggal hingga saat ini, Nabi Isa diangkat ke langit oleh Allah ketika hendak dibunuh kaumnya, dan akan turun ke bumi di akhir zaman untuk membunuh dajjal.

Saking dahsyatnya fitnah dajjal, saat itu manusia terbagi menjadi dua golongan, yakni kaum muslimin yang dipimpin oleh imam mahdi dan golongan kaum kafir yang dipimpin oleh dajjal. Lalu di tengah huru hara yang terjadi, Allah SWT menurunkan pertolongan yakni di kedatangan Nabi Isa as. Putra Maryam.  Isa akan turun di menara putih di timur Damaskus ketika menjelang fajar, dan akan membunuh dajjal.

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Dalam hadits riwayat Imam Ahmad, Rasulullah pernah menerangkan tentang ciri fisik Ya’juj dan Ma’jud yakni sebagaimana berikut,

“Kalian mengatakan tidak ada musuh. Padahal sesungguhnya kalian akan terus memerangi musuh sampai datangnya Ya’juj wa Ma’juj, lebar mukanya, kecil (sipit) matanya, dan ada warna putih di rambut atas. Mereka mengalir dari tempat-tempat yang tinggi, seakan-akan wajah-wajah mereka seperti perisai.” [HR. Muslim]

Kisah ya’juj dan ma’juj diabadikan dua kali didalam alquran. Yang pertama di dalam surat alkahfi tentang masa lalu ya’juj dan ma’juj, yaitu mereka adalah sekelompok kaum yang membuat kerusakan. Sedangkan di surat alanbiya disebutkan bahwa pada akhir zaman nanti, ya’juj dan ma’juj akan turun dari tempat dimana ia dikurung sekarang.

Matahari Terbit dari Barat

pixabay.com

Pada sebuah hadits disebutkan, bahwa sebelum matahari terbit dari arah barat, akan terjadi malam yang panjang. Satu malam yang panjangnya sama dengan 3 malam. Manusia saat itu berada dalam  kebingungan, hingga ketika pagi menjelang, mereka dikejutkan matahari yang muncul dari arah barat.

Matahari saat itu hanya sampai pertengahan hari saja, kemudian tenggelang ke arah barat kembali, bukan tenggelam di timur. Besoknya kembali terbit dari arah timur seperti biasa.

Keluarnya Dabbah

ilustrasi via http://bagikanbilabermanfaat.blogspot.com

Dabbah adalah binatang melata yang keluar esok hari setelah matahari terbit dari arah barat.

Setelah keluar, Dabbah akan berbicara kepada manusia dan mengabarkan bahwa manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Allah. Ia memberikan tanda pembeda antara orang beriman dan kafir. Tanda untuk orang yang beriman adalah wajah yang bercahaya, sedangkan yang kafir, tandanya diberikan dibagian hidung sebagai tanda kekufurannya.

Binatang ini berukuran raksasa, di dalam alquran di sebut dabbatul ardhi, dan akan muncul di 3 tempat berbeda.

Bertiupnya Angin Lembut dari Yaman

tanda tanda hari kiamat
unsplash.com

Tanda tanda hari kiamat selanjutnya adalah bertiupnya angin Lembut dari Yaman. Angin ini slembut sutra. Orang-orang yang di dalam hatinya masih ada iman walaupun sebiji sawi, maka akan dimatikan oleh Allah. Agar semua umat muslim tidak merasakan dahsyatnya kiamat.

Hancurnya Bumi dari Sebelah Timur kemudian Disusul Sebelah Barat

Pada fase ini sudah tidak tersisa lagi kaum muslimin. Yang tersisa hanyalah orang-orang kafir. Satu persatu bagian bumi mulai hancur dimulai dari bagian timur kemudian bagian barat, hingga terakhir nanti di jazirah arab

Munculya Api yang Menggiring Manusia ke Syam

tanda tanda hari kiamat
unsplash.com

Rasulullah bersabda: “Dan yang terakhir adalah api yang keluar dari Yaman dan menggiring manusia ke tempat berkumpul mereka” (HR. Muslim, Kitabul Fitan wa Asyratus Sa’ah: 18:27-29)

Api tersebut tidak akan membiarkan seorang kafirpun, akan tetapi ia akan menggiring manusa menuju Mahsyar dengan sejadi-jadinya. Maka barang siapa yang terlambat di belakang, ia akan terbakar. Api tersebut akan menggiring mereka ke bumi Mahsyar di Syam. Dalam hal ini manusia menjadi tiga kelompok, ada yang penuh harapan, mereka makan dan berpakaian, satu lagi berjalan dan berlari, dan satu lagi akan terseret mukanya dan digiring ke api. (HR. Ahmad:5/164-165)

Peniupan Sangkakala dan Kehancuran Alam Semesta

tanda tanda hari kiamat
wakafdt.org

Pada tiupan pertama, hancurlah seluruh alam semesta inii dengan seluruh isinya. Allah berfirman, “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa saja yang ada di langit dan di bumi kecuali siapa-siapa yang dikehendaki oleh Allah”. (QS. Az Zumar: 68)

Mungkin hanya itu yang bisa saya tulis, jika ada kesalahan mohon dengan sangat agar memberi tahu di kolom komentar.

Wallahu a’lam..

Sekian, Wassalmualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *